Sabtu, 24 Mei 2014

Ketika Orang Tua dan Kita Beda Pendapat


Selalu aja ada temen gue yang secara ga langsung selalu ngasih ide buat gue hehe mungkin ide atau pemikiran ini gue dapet dari temen di twitter dia orang bekasi hohoho tapi untuk masalah beda pendapat ini pasti di alami oleh semua orang , baik dalam suatu diskusi sebuah masalah , kerjaan , pelajaran dll selalu saja ada yang berbeda pendapat dan tetap pada pendapat nya sendiri yang di yakini nya benar hehe

Tapi , yang gue ingin bahas disini adalah bukan tentang permasalahan pendapat di umum , tapi di dalam keluarga terlebih lagi yang sudah menerima ke lulusan tingkat SMA seperti gue , yah setelah lulus SMA ini kita hanya di hadapkan oleh dua pilihan yaitu kerja atau kuliah , ngga ada pengen masuk SMA lagi ... sonoh aja masuk klo emang kaga malu .

Yang mau kuliah atau calon mahasiswa baru pasti sedang mengalami kegalauan mau masuk universitas mana jurusannya apa minat nya apa dan banyak lagi , cerita singkat temen gue curhat orang tua nya ingin dia ini jangan masuk kuliah jurusan ini karna takut ini itu dan blablabla .. Okey klo kasus ini gue juga ngalamin bahkan sampe sekarang -_- sebelum itu , gue ingin mengeluarkan pemikiran gue tentang hal ini .

Beda pendapat dengan orang tua saat kita ingin memilih jurusan atau PTN/PTS yang kita inginkan memang agak mengesalkan , tapi mungkin orang tua berpikir seperti itu karna ingin anak nya pengen langsung kerja atau jurusannya itu yang memang banyak lowongan kerjanya dan ga banyak saingan atau intinya jurusan kuliah nya yang bener bener punya prospek kerja yang jelas , itu yang gue simpulkan dari pemikiran orang tua , tapi disisi lain , kita sendiri atau bahkan gue , itu pengen masuk jurusan yang bener bener minat atau kemampuan kita bukan karna terpaksa atau memang gaada pilihan lagi atau yang penting masuk universitas favorit masalah jurusan belakangan . Emang agak kesel saat yang kita inginkan malah di belokkan kembali walaupun itu tujuannya bener atau jaga jaga , tapi coba lah untuk menjelas kan walaupun emang ga berhasil tetep yakinkan orang tua kita dengan jurusan yang kita pilih ini bener bener sesuai minat kita, karna kita gamau kejebak dalam jurusan yang terpaksa kita pilih dan kita ga suka , temen sekelas gue bilang "klo udah masuk jurusan baik itu yang di suka atau bener bener terpaksa dan gasuka itu gaakan bisa mundur lagi kecuali keluar dan ga nerusin, klo di paksa udah beda cerita lagi" gue agak berpikir dengan perkataan emang ada bener nya , tapi kadang orang tua selalu beda beda dan sifat anak juga pasti beda beda , ada yang pasrah dan ngikutin kemauan orang tua nya , ada yang ngejelasin ke orang tua nya terus akhirnya boleh , ada yang membebaskan dan menyerahkan masalah jurusan ke anak nya , dan banyak lagi deh . Klo gue ngejelasin dan akhirnya boleh hehe mungkin -_- karna masih ada perbedaan antara gue dan ibu -_- yang terpenting , bagaimana sikap kita , misal klo jurusan itu prospek kerja nya lemah di Indonesia atau mungkin jarang , tunjukin klo kita ini serius dengan jurusan yang kita pilih dan berusaha keras mungkin setelah lulus kemampuan nya bisa di kembangkan dan membuat lapangan kerja atau bahkan bisa bekerja di luar negri . Klo itu sih pendapat gue , mungkin yang lain juga pendapat lain tentang masalah ini .

Klo gue sendiri agak tegas , gue tetep pengen jurusan yang sesuai minat walaupun gue ada kendala di mata tapi ga parah sih . Terkadang ada juga orang tua yang bener bener maksa se maksa maksa nya supaya anak nya masuk jurusan yang sudah di pilih , dengan alasan klasik , "nanti kerja nya gampang" belum tentu, "biar kamu bisa nerusin bisnis ayah" ga juga , "agar perusahaan papah ga bangkrut dan kamu pewarisnya" iyah klo anak nya serius , ah banyak deh alasan klasik nya , walaupun yang di katakan orang tua kita itu bener , tapi klo kita masuk jurusan yang kita pilih itu terpaksa karna suruhan orang tua , ceritanya akan beda brow ga , gue gaakan menggambarkan nya tapi itu udah banyak terjadi kok .

Bijak dan yakin kan orang tua kita klo kita serius , Insyaalloh pasti nanti orang tua kita akan mengerti , klo masih beda pendapat dan gaada jalan keluar solat istikhoroh minta pilihan pada Alloh okay :)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar